Senin, 05 Januari 2009

Komputer Bambu Ramah Lingkungan



Perusahaan komputer asal Taiwan, Asustek, memperkenalkan komputer yang dibungkus dengan material ramah lingkungan. Komputer bernama “Asus Eco Book” ini, memiliki casing bambu yang dilaminasi dan tersedia dalam berbagai warna.

Selain melimpah, bambu juga sangat fleksibel, tahan lama dan tidak merugikan lingkungan. Meski bahan perekat dan laminasinya tetap mengandung racun.

"Produk ini sangat populer, karena bahannya dipadu dengan produk ramah lingkungan," kata Cher Chronis, direktur komunikasi marketing Asus Computer International. Beberapa perusahaan perangkat komputer lainnya, juga dikabarkan mulai mengaplikasikan bambu untuk mouse, keyboard serta monitor.

Plastik yang digunakan pada komputer, diketahui mengandung PVC dan tabung CRT yang tidak ramah lingkungan. Produsen utama komputer seperti HP, Dell, Apple, Acer dan Lenovo, juga telah menggunakan program konsumsi energi yang lebih sedikit, daur ulang komponen dan mengurangi material berbahaya dalam produk mereka.

Saat Apple pertama kali diciptakan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak di tahun 1976, komputer tersebut dibungkus kotak kayu. Seiring waktu, produsen menggantinya dengan material yang lebih kuat seperti metal dan plastik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada Ide?