Senin, 05 Januari 2009

Tips Rumah Hemat Energi

1. Perbarui Peralatan - Peralatan dapur mutakhir menghemat konsumsi energi dan air hingga 60 persen dibanding produk lama (10 tahun).

2. Jangan Abaikan Label Energi - Label energi tertempel di setiap peralatan listrik, dengan skala dari G ke A. Skala A, konsumsi energi paling sedikit. Kulkas dan dan mesin cuci Electrolux rata-rata skalanya telah ditambahkan menjadi A+ dan A++.

3. Lebih Hemat Mencuci Piring Pakai Dishwasher - Penggunaan dishwasher bisa mengurangi penggunaan air hingga 3/4.

4. Jangan Tempatkan Kulkas Di Dekat Sumber Panas - Hawa panas bisa mengurangi efisiensi kerja kompresor dan kondensor, dan meningkatkan konsumsi energi.

5. Cairkan Bunga Es - Lapisan es di freezer bisa meningkatkan konsumsi energi hingga 30 persen. Pilihlah kulkas dengan fasilitas pencair es otomatis agar menghemat energi, uang, dan waktu.

6. Direct Spray -Pilihlah mesin cuci dengan fitur ‘Direct Spray' yang bisa mengurangi 35-50 persen pemakaian air dan energi untuk sekali muatan.

7. Gunakan Program ‘Eco' - program ini sengaja dirancang di beberapa peralatan rumah tangga untuk menghemat air dan energi.

  1. Ganti Lampu Pijar
    Umur lampu neon delapan kali lebih lama dibanding lampu pijar. Gunakan lampu fluorescent atau neon berbentuk compact yang lebih ringkas dibanding tipe neon yang memanjang.
  2. Cabut Kabel Listrik
    Biasakan untuk selalu mencabut kabel listrik dari peralatan-peralatan elektronik yang telah selesai digunakan. Jangan men-setting standby, karena masih memakan energi.
  3. Gunakan Shower
    Berendam di dalam bathub memang bikin rileks, tapi boros air jeung. Gunakan shower atau pancuran mandi dengan tombol air pelan agar hemat. Penghematannya bisa mencapai 60 persen lho.
  4. Kurangi Waktu Mandi รง LOVE IT!
    Kurangi waktu mandi lima menit saja dari biasanya. Jika waktu mandi Anda lima belas menit, kurangi menjadi 10 menit saja. Dengan ini, Anda dapat menghemat 375 galon air per bulannya.
  5. Maksimalkan Matahari
    Buka tirai jendela di rumah Anda dan biarkan sinar matahari masuk dan menerangi seisi ruangan. Dengan begitu Anda bisa menghemat penggunaan lampu. Tahukah Anda, sekitar 40% penggunaan listrik di rumah dipakai untuk penerangan atau lampu.
  6. Matikan Air
    Jangan biarkan air kran terus mengalir selagi mencuci piring, menggunakan sampo dan sabun atau menggosok gigi. Jangan membiasakan meninggalkan tempat saat membuka keran, seperti saat mengisi mesin cuci atau ember. Jika ini dilakukan biasanya terkena penyakit lupa sehingga air tumpah dengan sendirinya
  7. Awas Kran Bocor
    Segera perbaiki kran dan pipa jika terjadi kebocoran. Setitik air yang terbuang tiap detiknya menyebabkan berkurangnya air sebanyak 2400 galon (9000 liter) per tahunnya.
  8. Atur Jadwal Cuci
    Jika selama ini Anda mencuci pakaian dilakukan setiap hari, sebaiknya mengatur kembali jadwal tersebut menjadi satu minggu dua kali. Selain menghemat listrik, Anda juga akan menghemat pemakaian air.
  9. Hemat Pakai Piranti
    Usahakan memakai gelas yang sama untuk minum air putih agar cucian tidak menumpuk.
  10. Tanam Sebatang Pohon
    Pohon dapat mengimbangi produksi 1.33 ton karbondioksida. Pohon juga dapat membuat teduh rumah sehingga mengurangi pemakaian pendingin udara.
  11. Siram Sore Hari
    Hindari menyiram tanamah berumput pada siang hari, karena penguapan lebih banyak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada Ide?